Saatnya Ekspor UMKM Bersama Rayspeed Asia

Saatnya Ekspor UMKM Bersama Rayspeed Asia

Teman Rayspeed, sebagai orang Indonesia tentunya kita tidak bisa lepas dari yang namanya memanfaatkan produk keluaran UMKM lokal Indonesia, mulai dari camilan hingga pakaian yang khas Indonesia. Saking dekatnya kita sama nuansa yang “Indonesia banget”, sulit rasanya jika kita tidak menemukan yang seperti itu, contohnya saat bepergian atau tinggal di luar negeri.

Namun, jangan khawatir, permasalahan yang satu ini bisa diatasi dengan pemanfaatan kegiatan ekspor UMKM. Bahkan Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) pada 2019 menyatakan bahwa dari 64,2 juta pelaku UMKM, terdapat 15% dari total yang produknya berhasil diekspor ke luar negeri.

Nah, bicara produk UMKM yang bisa diekspor, mengutip data dari UKM Indonesia, produk makanan dan tekstil yang diproduksi oleh UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk diekspor ke luar negeri. Produk berupa pakaian memiliki 39% potensi untuk diekspor. Produk tersebut bisa berupa pakaian olahraga, kemeja, rok wanita, dan kaos pria. Selanjutnya, produk makanan mengambil 52% potensi ekspor, misalnya biskuit, kue kering, dan bahan masakan.

Saat ini, seperti yang kita tahu, pandemi COVID-19 mengubah strategi marketing dari semua bisnis, termasuk UMKM. Jika dahulu pelaku UMKM banyak dikenal karena menjajakan produknya melalui gerai-gerai, kini pelaku UMKM juga memaksimalkan kecanggihan teknologi digital yang tersedia. Sebut saja e-commerce, aplikasi obrolan, media sosial, hingga website.

Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 yang mana pertemuan secara langsung dibatasi, teknologi digital adalah solusi. Menyebarluaskan iklan-iklan promosi via Instagram, Facebook, atau grup-grup Whatsapp adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas lagi, yaitu pasar internasional melalui ekspor—seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Memangnya, mengapa harus ekspor jika hanya dengan memperkenalkan UMKM di pasar domestik tetap bisa membuat UMKM kita berkembang?

Berpotensi dikenal secara internasional

Dikenal secara internasional berarti ada peluang besar di mana UMKM kita mendapatkan “perhatian” dari orang-orang. Mungkin pada awalnya mereka belum mengenal UMKM kita, tapi dengan meluncurkan strategi go international melalui ekspor UMKM, lama-kelamaan mereka akan mengenal UMKM yang kita miliki. Karena sudah dikenal oleh banyak orang, produk kita tentunya harus memiliki standard kualitas internasional, lho, misalnya daya tahan yang lama atau durasi masa pakai yang panjang.

Mendapatkan pasar yang belum dijangkau kompetitor

Ini merupakan salah satu keuntungan dari ekspor UMKM yang kita lakukan. Teman Rayspeed, coba bayangkan jika kompetitor kita sibuk memikirkan kuantitas produk yang akan mereka luncurkan, kita justru tengah disibukkan untuk melebarkan sayap ke kancah pasar global melalui kegiatan ekspor UMKM. Bisnis kita seakan menjadi yang terdepan dibandingkan kompetitor.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi UMKM

UMKM yang kita rintis dikenal bukan hanya oleh orang Indonesia, melainkan juga orang di luar Indonesia. Bukankah itu merupakan sesuatu yang patut dibanggakan? UMKM yang sudah masuk ke pasar global harus menjadi sebuah Tentunya, mereka harus mengenal UMKM kita ini harus mengenal nilai positif yang dimiliki UMKM kita ya.

Meningkatkan omset penjualan produk

Tidak lain tidak bukan, tentunya dengan menjadikan UMKM go international lewat ekspor, keuntungan usaha bisa menunjukkan hasil yang positif. Mengapa? Karena, sudah terbukti mutu dari produk yang kita miliki. Ibaratnya, jika pasar global saja banyak yang minat, tentunya pasar domestik juga cenderung akan berminat juga.

Mengekspor produk yang UMKM kita miliki memang susah-susah gampang. Susah karena harus mengikuti standard internasional dan gampang karena nantinya akan berdampak bagi perkembangan UMKM.

Nah, bagi Teman Rayspeed yang mau mengekspor UMKM tidak perlu khawatir! Rayspeed Asia akan membantu kamu untuk urusan kirim-mengirim produk UMKM, dengan waktu pengiriman yang cepat dan harga yang terjangkau. Ingin tahu info seputar ekspor UMKM bersama Rayspeed Asia? Kunjungi akun Instagram @rasypeedasia, Facebook Rayspeed Asia Twitter @rayspeedasia, TikTok @rayspeedasia.