Bulan Agustus, Bulan Kemerdekaan 3 Negara Bertetangga: Indonesia, Singapura, dan Malaysia

Bulan Agustus, Bulan Kemerdekaan 3 Negara Bertetangga: Indonesia, Singapura, dan Malaysia

Teman Rayspeed, tahu nggak sih kalau Agustus merupakan bulannya kemerdekaan bagi dua negara tetangga kita, yaitu Singapura dan Malaysia, lho!

Seperti yang kita tahu, Indonesia sendiri mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sementara, 20 tahun kemudian Singapura juga mendapatkan kemerdekaannya pada 9 Agustus 1965. Lalu, Kerajaan Inggris memberikan kemerdekaan kepada Malaysia pada 31 Agustus 1957.

Bukan hanya dari bulan kemerdekaannya saja yang sama, melainkan dari beberapa hal, ada aspek menarik yang bisa dibahas berkaitan dengan hubungan Indonesia dengan Singapura dan Malaysia.

Melansir Visit Singapore, mayoritas penduduk terbanyak kedua di Singapura adalah etnis Melayu. Orang Melayu di sini dahulunya berasal dari pulau Jawa dan Bawean di Indonesia serta dari semenanjung Malaysia. Penuturan bahasanya, juga cenderung lebih dekat dengan versi yang digunakan oleh penutur di Malaysia.

Untuk Malaysia sendiri pun berdasarkan Statista, pada tahun 2020 ada sekitar 14,6 ribu orang Indonesia yang bekerja di Malaysia. Data ini menunjukkan bahwa populasi orang Indonesia yang berada di Malaysia terbilang cukup banyak.

Dari segi kebijakan ekonomi, Indonesia juga sering mengadakan perjanjian-perjanjian untuk memajukan dan mengembangkan sektor bisnis dan perekonomian Indonesia. Misalnya, selama era new normal ini, Indonesia menjalin kerja sama bilateral dengan Singapura dalam rangka pemulihan kembali ekonomi yang sempat terpuruk karena pandemi COVID-19.

Selanjutnya, berdasarkan informasi dari Kemdikbud, Indonesia juga menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, khususnya pertukaran pelajar dan mahasiswa. Tentunya, hal ini akan menjadikan hubungan Indonesia dan Malaysia menjadi kuat dan positif untuk ke depannya.

Sebagai surganya kuliner, Indonesia memiliki beragam kuliner dengan cita rasa khas dengan rempah-rempah yang sangat terasa. Namun, jangan salah ternyata negara tetangga kita, yaitu Malaysia dan Singapura juga memiliki kuliner serupa, nasi lemak misalnya.

Merupakan nasi putih yang direndam santan kemudian ditambahkan daun pandan dan sereh, lalu dikukus sampai matang dan bumbunya meresap. Selanjutnya, untuk lauk-pauknya ada rendang, telur, atau ayam goreng. Sajian ini sangat mirip dengan sarapan pagi khas yang seringkali kita santap, yaitu nasi uduk, bukan?

Nah, bagi Teman Rayspeed yang ingin berkirim makanan ke Singapura atau Malaysia kini kamu bisa kirim menggunakan layanan Rayspeed Asia. Mau itu makanan khas Indonesia, frozen food, atau cenderamata, juga bisa kamu kirimkan lho!

Untuk informasi mengenai tarif ongkos dan estimasi waktu sampai ke Singapura dan Malaysia, Teman Rayspeed juga bisa mengunjungi website rayspeed.com lalu pilih negara tujuan atau hubungi kami di Instagram @rayspeedasia!