Kirim Paket Ke Luar Negeri? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini!

Kirim Paket Ke Luar Negeri? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini!

Pandemi membuat orang lebih memilih untuk menggunakan layanan ekspedisi dibandingkan harus mengirim langsung. Hal ini juga dibuktikan dengan survei yang dilakukan MarkPlus, Inc. bahwa selama pandemi penggunaan layanan ekspedisi/kurir untuk mengirim paket meningkat sebesar 39%.

Berbicara mengirim paket ke luar negeri, tentunya ada beberapa ketentuan khusus yang harus Teman Rayspeed perhatikan nih—tidak seperti mengirim paket di wilayah Indonesia di dalam negeri yang terbilang mudah.

Apa saja sih ketentuan yang wajib diperhatikan untuk mengirim paket ke luar negeri?

 

Regulasi setiap negara

Kebijakan dalam hal pengiriman paket di negara lain dengan Indonesia tentunya berbeda lho Teman Rayspeed. Jika berniat untuk mengirim ke Singapura, jangan sekali-kali mengirim permen karet karena dilarang.

Untuk jenis paket seperti obat-obatan, kosmetik, atau tanaman hidup yang sebagian besar memang dilarang dikirim, ada baiknya kamu mengecek lebih dalam mengenai regulasi di negara tujuan.

 

Ketentuan packing paket

Teman Rayspeed, pasti pernah lihat ‘kan ada paket yang hanya dibungkus bubble wrap tanpa ada pelindung luarnya? Apalagi kalau isi paketnya terbilang sangat sedikit dan tidak berat. Namun, sebaiknya tipe seperti ini jangan dilakukan saat ingin mengirim paket ke luar negeri.

Kenapa? Pengiriman ke luar negeri tidak seperti pengiriman domestik. Membutuhkan waktu yang lebih lama, maka paket juga membutuhkan “kekuatan” agar bisa bertahan selama perjalanan. Kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan pelindung berupa kotak styrofoam, karton tebal, atau rak kayu.

 

Tarif ongkos kirim

Berbeda dengan pengiriman paket secara domestik yang tarifnya tidak terlalu mahal, maka untuk ke luar negeri kamu harus merogoh kocek yang “lumayan”. Hal ini karena tarif ongkos kirim bukan cuma memperhitungkan jarak tempuh dan berat paket, melainkan juga biaya tambahan karena sudah beda negara, seperti surcharge oversize atau biaya remote area.

 

Estimasi waktu sampai

Berapa hari lamanya jika akan mengirim paket ke wilayah Indonesia, Surabaya misalnya? Tentunya masih standar-standar saja ‘kan?

Estimasi waktu sampai atau lead time juga bergantung pada jauhnya jarak yang ditempuh. Tentu saja hal ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar dugaan, sebut saja cuaca dan ketentuan mobilitas saat pandemi. Dalam hal ini, Rayspeed Asia dapat melakukan pengiriman paket ke Singapura paling lama dua hari.

 

Penulisan alamat

Ini adalah salah satu perbedaan unik yang akan Teman Rayspeed temukan jika mengirim paket ke luar negeri, lho. Yup! Penulisan alamat. Jika kamu terbiasa menulis alamat di Indonesia secara lengkap—mulai dari RT dan RW hingga gang—di luar negeri kamu cukup menuliskan jalan, nomor, negara, dan kode posnya.

Begitu pula saat kamu akan menulis alamat tujuan di formulir/kertas kelengkapan identitas. Tinggal tulis nama jalan, nomor rumah, negara tujuan, serta kode posnya. Jangan lupa untuk memasukkan juga nama penerimanya ya!

Lima poin di atas bisa jadi pertimbangan kalau Teman Rayspeed ingin mengirim paket ke luar negeri. Selain berbeda 180º dari pengiriman domestik, jika ketentuan tersebut sudah diterapkan, #PaketinKangenmu ke luar negeri jadi makin mudah deh!

Untuk informasi mengenai tarif ongkos dan estimasi waktu sampai, Teman Rayspeed juga bisa mengunjungi website rayspeed.com lalu pilih negara tujuanmu atau hubungi kami di Instagram @rayspeedasia!