Potensi Ekonomi di Taiwan Bagi Diaspora Indonesia

Potensi Ekonomi di Taiwan Bagi Diaspora Indonesia

Taiwan menjadi salah satu negara pilihan warga Indonesia untuk merantau, selain negara-negara sekitar Asia Tenggara. Negara ini menjadi pilihan untuk mengenyam pendidikan maupun tempat untuk bekerja. Keberadaan warga negara Indonesia di negara ini tidak hanya dapat merubah nasib individu setiap perantau, tapi juga dapat mendorong terciptanya ekonomi global antara Indonesia dengan Taiwan.

Para perantau atau yang biasa dikenal dengan diaspora dapat berperan sebagai penghubung antara Taiwan dan Indonesia, inspirator bertalenta global, dan kontributor ekonomi. Jejaring yang mereka miliki, bahkan juga dapat saling menguatkan potensi bisnis yang dijalankan.

Ada beberapa bahan komoditas dari Indonesia yang sudah dikenal dan yang berpotensi untuk diterima di Taiwan. Dua jenis barang yang paling banyak diminati adalah produk-produk herbal dan pakaian seperti batik. Khusus makanan, bahan baku yang paling banyak dicari adalah produk-produk herbal.

Seperti kita ketahui, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam. Sumber daya alam ini dapat berupa bahan-bahan dan produk herbal yang laku di pasar internasional, termasuk juga Taiwan. Produk-produk herbal ini dapat berupa bahan obat-obatan tradisional, bumbu dapur, dan bahan wewangian herbal.

Selain produk-produk herbal, kain juga menjadi komoditas yang dapat dipasarkan. Indonesia dengan keragaman kebudayaan memiliki berbagai corak dan jenis kain seperti kain-kain batik dan kain tenun.

Kedua jenis produk asli Indonesia biasa dipasarkan melalui pameran-pameran yang diadakan oleh para diaspora Indonesia di Taiwan. Pameran-pameran ini menjadi ajang terbentuknya bisnis yang lebih berkelanjutan, khususnya antar dua negara.

Penyelenggaraan pameran dan bisnis komoditas asli Indonesia di Luar Negeri, pastinya membutuhkan perusahaan logistik untuk memastikan barang tiba di negara tujuan dengan baik. Rayspeed Asia sebagai perusahaan pengiriman barang ke Luar Negeri asli Indonesia memfasilitasi pengiriman barang-barang tersebut, baik barang-barang dalam jumlah besar untuk kebutuhan bisnis, maupun barang-barang untuk kebutuhan individu bagi tiap diaspora di sana. Pengiriman barang adalah menjadi salah satu awalan dan penentu keberlangsungan bisnis yang semakin mengglobal.